Fuso FN 517 ML2 Super Long Ukuran tidak Bikin Takut Tanjakan

KIAN melejitnya permintaan terhadap kendaraan kargo berukuran besar untuk mengangkut logistik ekspedisi, consumer goods, dan bahan-bahan makanan, telah menggoda Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation (MFTBC) meluncurkan dua varian anyar. Keduanya ialah Fuso FM 517 HL Long 4x2 dan Fuso FN 517 ML2 Super Long 6x2.

Dua varian di kelas medium truck itu merupakan hasil pengembangan dari varian yang telah ada sebelumnya, tentu dengan beberapa perubahan spesifikasi. Perbedaannya sudah jelas, seperti namanya, kedua model baru itu punya wheelbase (jarak sumbu roda depan-belakang) lebih panjang dari versi sebelumnya.

Fuso FM 517 HL Long 4x2 dikembangkan dari basis FM 517 HL 4x2 standar yang panjangnya 5,08 meter menjadi 5,55 meter. Adapun Fuso FN 517 ML2 Super Long 6x2 diimprovisasi dari basis FN 517 ML2 6x2 standar dengan penambahan panjang 1,5 meter lebih, dari 5,45 meter menjadi 7,19 meter.

Dengan perubahan itu, FN 517 HL dan ML2 diklaim memiliki wheelbase terpanjang di kelasnya. Dampaknya, daya angkut lebih besar dan efisien.

“Untuk menghadapi kompetitor, salah satu strategi kami ialah menambah varian. Utamanya menurut kami yang menjadi selling point ialah wheelbase yang lebih panjang,“ tutur Executive Marketing Director MFTBC, Marketing Division PT Krama Yudha Tiga Berlian (KTB) Rizwan Alamsjah di sela peluncuran di Jakarta, Selasa pekan lalu.

Sejumlah perubahan juga dilakukan Fuso untuk mengimbangi sasis baru nan panjang tersebut. Di antaranya ialah kopling (clutch) yang menjadi lebih besar. Kopling dengan material woven (nonasbestos) itu diperbesar di ameternya menjadi 38 cm agar lebih kuat menunjang performa tenaga yang dihasilkan mesin.

Kedua ialah gardan (final gear) yang juga diperbesar untuk menghasilkan kombinasi tenaga angkut yang efisien, termasuk lebih kuat di medan tanjakan.

Di sisi lain, kedua truk tersebut tidak mengalami ubahan pada mesin. Mesin diesel 6 silinder segaris 6D16-3AT2 direct injection turbo intercooler yang diusungnya mampu menghasilkan kekuatan puntir 65 kgm (637 Nm) pada 1.400 rpm dengan tenaga maksimal sebesar 220 PS.

Mitusbishi Fuso FM 517 HL Long 4x2 dibanderol dengan harga off the road Ja karta Rp492 juta, sedangkan Mitsubishi Fuso FN 517 ML2 Super Long 6x2 dibanderol Rp589 juta.

Menurut Rizwan, dengan kehadiran dua truk baru itu, kini total varian Fuso menjadi sembilan. “Target launching Fuso tahun ini belum selesai. Tunggu saja (varian-varian) yang lain,“ ujarnya. (Pun/Cdx/S-3) Media Indonesia, 12/06/2014, halaman 23

0 komentar:

Posting Komentar

Sekilas Info